Cara Mencegah dan Menghilangkan Jamur di Kulit dan Selangkangan

By | September 2, 2017

Penyakit kulit yang disebabkan jamur ada berbagai macam contohnya kutu air di sela-sela kaki, ringworm di kulit kepala, jock itch dan candidiasis yang menyerang area genitalia, dan onychomycosis yang muncul di kuku. Penyebab paling sering jamur tumbuh di kulit adalah buruknya higienitas. Jadi sebetulnya mudah saja cara menghilangkan jamur di kulit dan selangkangan seperti mengubah gaya hidup dan rajin mencuci pakaian. Infeksi jamur tidak membahayakan nyawa atau menimbulkan kerusakan pada organ tubuh. Yang paling utama adalah bagaimana caranya mengurangi faktor risiko terpapar jamur.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Jamur di Kulit dan Selangkangan

Cara menghilangkan jamur di kulit

Untuk mengatasi jamur di kulit, dokter biasanya akan memberikan resep obat-obatan topical yang mengandung miconazole, clotrimazole, terbinafine, atau tolnaftate. Obat gatal di selangkangan yang berupa krim, salep, dan losion cukup dioleskan di area-area yang terserang jamur. Efek pengobatan biasanya baru mulai terasa setidaknya 1 minggu setelah pemakaian teratur seperti misalnya berkurang rasa gatal.

Pengobatan topical ini disarankan dipakai secara teratur selama kurang lebih 2 minggu atau sampai infeksi hilang. Namun pengobatan harus tetap dipakai sampai 1-2 minggu setelahnya untuk memastikan infeksi jamur tidak kembali lagi. Selain pengobatan topical, pasien juga perlu melakukan tindakan pencegahan seperti:

  • Selalu cuci tangan setelah mengoleskan krim, salep atau losion di area yang terinfeksi jamur.
  • Mencuci kaki dua kali sehari menggunakan air dan sabun.
    Kaki harus benar-benar kering sebelum menggunakan kaos kaki atau sepatu. Kaki lembab adalah area favorit jamur penyebab kutu air.
  • Sering ganti kaos kaki jika kaki mudah berkeringat.
  • Pakailah sepatu yang memiliki banyak rongga udara sehingga sirkulasi udara di dalam sepatu lancar dan tidak menimbulkan kelembaban. Ganti sepatu setiap beberapa hari sekali agar sepatu bisa dikeringkan.
  • Hindari menggunakan pakaian atau handuk yang sama dengan orang lain.
    Hindari mengenakan pakaian lembab.
  • Gunakan alas kaki saat berada di tempat-tempat keramaian.
  • Cuci rambut menggunakan sampo yang mengandung ketoconazole atau selenium sulfide untuk membunuh jamur penyebab ringworm di kulit kepala.
  • Cuci pakaian, handuk, seprei dengan air panas dan pemutih untuk memastikan jamur yang menempel di barang-barang tersebut hilang sepenuhnya.

Cara menghilangkan jamur di selangkangan

Pengobatan topical di area genitalia sama dengan pengobatan jamur di area kulit lainnya seperti miconazole, clotrimazole, mizonazole, dan ketoconazole. Jika terjadi komplikasi di area selangkangan akibat jamur, maka diperlukan pengobatan topical dengan dosis yang lebih kuat serta obat oral Fluconazole yang diminum seminggu sekali dengan resep dokter. Yang perlu diperhatikan adalah pengobatan topical bisa mengurangi keefektifan kondom. Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan berbarengan dengan pengobatan medis adalah

  • Kontrol diri agar tidak menggaruk area selangkangan. Menggaruk selangkangan menyebabkan jamur semakin tersebar di area sekitar.
  • Pilih celana dalam berbahan katun yang mudah menyerap keringat.
  • Hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat karena bisa menyebabkan daerah selangkangan menjadi lembab.
  • Ganti celana dalam setidaknya dua kali sehari. Ganti lebih sering jika area selangkangan berkeringat banyak atau basah terkena air.
  • Gunakan sabun antiseptic untuk membersihkan area selangkangan saat mandi.
  • Sabun antiseptic mampu membunuh jamur serta mengurangi rasa gatal di selangkangan.
  • Gunakan kondom saat berhubungan seksual.

Hubungi dokter jika cara menghilangkan jamur di kulit dan selangkangan di atas tidak mempan setelah dua bulan. Konsultasikan juga ke dokter jika Anda memiliki gangguan sistem imunitas atau penyakit diabetes karena infeksi jamur bisa lebih parah dari biasanya.

Untuk Hasil yang lebih cepat dan maksimal dalam menghilangkan jamur di kulit & selangkangan, Anda bisa menggunakan salep anti jamur paling ampuh yaitu Pi Kang Wang, Baca selengkapnya disini –>> http://www.ahlinyagatal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *