Cara Mengobati Gatal di Vagina Wanita

By | September 3, 2017

Cara mengobati gatal di vagina wanita – tentu setiap wanita pasti pernah mengalami iritasi pada vagina nya, baik remaja maupun ibu – ibu, dan dari wanita muda bahkan yang tua sekalipun, tentunya iritasi pada bagian vagina sangat membuat tidak nyaman terutama pada saat buang air kecil, akan terasa perih dan gatal.

Cara Mengobati Gatal di Vagina Wanita

Pada dasarnya gatal tidak melulu disertai dengan bintik kemerahan, dan penyebab utama adalah jamur. Daerah vagina wanita merupakan salah satu tempat yang disukai oleh jamur. Hal ini dikarenakan daerah ini sering lembap terutama pada saat sehabis buang air kecil dan tidak mengeringkannya, sehingga jamur sangat mudah berkembang biak dan menimbulkan rasa gatal.

Selain itu, gangguan pada kulit yaitu gatal yang disertai dengan bintik merah dan bentol serta terasa sangat gatal dan ingin terus menggaruk nya. Hal ini tentu sangat tidak nyaman dan sangat mengganggu. Hal ini terutama jika rasa gatal terjadi pada area kemaluan wanita.

Penyebab Gatal di Vagina

Gatal di area kemaluan ini banyak penyebabnya dan tentunya berbeda – beda setiap orangnya. Penyebab yang paling umun adalah dikarenakan oleh jamur. Salah satu cirinya yaitu dengan keluarnya cairan putih tebal, terasa gatal, dan terbakar. Biasanya infeksi karena jamur ini disebabkan karena sabungan seksual, setelah memakai antibiotik, dan bahkan pada saat kehamilan. Selain disebabkan oleh infeksi jamur, infeksi bakteri juga merupakan penyebab dari rasa gatal pada vagina wanita. Bakteri yang tumbuh berlebihan pada vagina wanita akan ditandai dengan bau amis dan juga keluarnya cairan berwarna abu – abu atau kekuningan dan gatal, serta peradangan.

Mengatasi Gatal di Selangkangan

Rasa gatal yang mengganggu dapat membuat seseorang tidak merasa nyaman. Untuk mengobati rasa gatal pada kemaluan wanita ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari obat – obatan yang ada di pasaran, hingga obat gatal alami tradisional. Berikut adalah beberapa jenis bahan – bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada vagina atau kemaluan wanita:

MADU

Selain digunakan untuk kesehatan wajah, ternyata madu juga berfungsi sebagai obat alami untuk penyakit kulit seperti jamur. Sebab madu memiliki zat yang dapat mempercepat dalam proses penyembuhan serta meminimalkan gatal – gatal dan iritasi kulit. Cara yang bisa digunakan cukup mudah yaitu dengan mengoleskan madu pada area kemaluan yang gatal dan biarkan sekitar 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Anda bisa mengulangi sebanyak tiga kali sehari sampai rasa gatalnya hilang.

DAUN KEMANGI

Daun kemangi ini mengandung zat anti gatal sehingga akan mengurangi rasa gatal. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci bersih daun kemangi dan kemudian di lumatkan daun kemangi tersebut dan diaplikasikan pada daerah yang gatal.

BAWANG PUTIH

Kita mengenal bawang putih sebagai bahan untuk memasak, namun selain itu kegunaan dari bawang putih ini ternyata sangat banyak, salah satunya adalah sebagai obat untuk gatal – gatal pada vagina. Caranya yakni dengan memotong satu siung bawang putih yang sudah dicuci bersih kemudian tumbuk dan setelah itu diaplikasikan pada bagian yang gatal. Untuk hasil yang maksimal maka gunakan pada pagi dan sore hari.

MINYAK KELAPA

Minyak kelapa terkenal mengandung zat anti jamur. Oleh karena itu minyak kelapa bisa digunakan untuk mengobati gatal pada vagina, caranya yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke area yang gatal.

LIDAH BUAYA

Tanaman yang satu ini terkenal sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit tubuh dan juga rambut. Dan salah satunya adalah untuk mengobati rasa gatal pada vagina wanita. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memotong batang lidah buaya kemudian oleskan pada area yang gatal. Anda bisa melakukannya setiap hari.

LENGKUAS

Lengkuas banyak dikenal sebagai penguat rasa pada masakan. Namun tahukah and bahwa lengkuas sejak dahulu terkenal bisa mengobati penyakit gatal akibat jamur. Cara menggunakannya yaitu dengan mencuci bersih lengkuas kemudian diparut atau bisa juga ditumbuk hingga halus dan kemudian anda bisa menempelkan pada area yang gatal. Anda dapat melakukannya setiap hari hingga gatalnya menghilang.

Itulah sedikit ulasan mengenai Cara mengobati gatal di vagina wanita. Sebaiknya anda menghindari menggaruk pada area yang gatal sebab akan menimbulkan infeksi lainnya yang mungkin akan memperburuk keadaan dan meninggalkan bekas hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *