Cara Mengobati Kutu Air di Kaki dan Tangan Secara Alami

By | July 20, 2017

Cara alami mengobati kutu air di kaki dan tangan ternyata mudah sekali dilakukan. Bahan-bahan yang diperlukan pun biasanya ada di dapur atau bisa dibeli di pasar-pasar tradisional. Kutu air adalah penyakit kulit yang umumnya berada di sela-sela jari kaki maupun tangan. Meskipun namanya kutu air ternyata penyakit ini tidak disebabkan oleh kutu parasit, namun disebabkan oleh jamur. Kutu air menyebabkan rasa gatal, kulit pecah-pecah, dan kadang-kadang menimbulkan sensasi panas di area yang terserang kutu air.

Cara Mengobati Kutu Air di Kaki dan Tangan Secara Alami
Kutu air bisa disembuhkan menggunakan obat jamur kulit, tapi juga bisa disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami yang biasa kita temukan sehari-hari seperti:

Bawang putih

Komposisi zat yang terkandung di dalam bawang putih berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-fungi (anti-jamur). Oleh karena itu bawang putih adalah obat yang tepat untuk mengobati kutu air di kaki dan tangan. Cara menggunakannya berbagai macam. Gosokkan irisan bawang putih di area yang terserang kutu air setidaknya dua kali sehari. Bisa juga bawang putih ditumbuk lalu taruh di atas area kutu air. Tutup dengan kain bersih. Biarkan pembalut ini hingga beberapa hari.

Jika kutu air menyerang hingga ke kuku kaki, Anda bisa mengobatinya dengan cara mencampur bawang putih dengan minyak zaitun. Tumbuk 1 siung bawang putih lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun hingga membentuk pasta. Lumuri ke kuku yang terkena kutu air, biarkan antar 15-30 menit. Lalu cuci bersih kaki dengan air hangat dan sabun. Keringkan kaki sampai benar-benar kering. Lakukan setiap hari sampai kuku sehat dari jamur.

Baking soda atau soda kue

Siapa sangka ternyata baking soda bisa dipakai sebagai cara alami mengobati kutu air di kaki dan tangan. Campurkan satu sendok baking soda dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Lumuri area kutu air dengan pasta. Biarkan selama beberapa menit. Lalu bilas kaki hingga bersih dan keringkan. Setelah itu taburi kaki dengan bedak tabur untuk mencegah kaki agar tidak lembab.

Air garam

Air garam selain bisa menyembuhkan kutu air, juga bisa mengurangi rasa pegal di otot kaki. Campurkan garam dengan air hangat, lalu rendam kaki di air garam selama 10-15 menit. Lakukan setiap hari sampai kaki terbebas dari kutu air.

Teh

Teh mengandung asam tannic yang bisa mengurangi kelembaban akibat keringat dengan cepat, yang berarti membunuh jamur penyebab kutu air. Rebus air sebanyak 1,5 liter hingga mendidih lalu masukkan 5-6 kantong teh. Rendam kaki ke dalam air teh tersebut pada saat suhu air sudah suam-suam kuku. Lakukan setiap hari.

Kunyit

Kunyit adalah tanaman yang serba guna karena mengandung zat yang berfungsi sebagai anti-inflamatori, anti-fungi, anti-virus, dan antioksidan. Lumuri bubuk kunyit di area kulit yang terkena kutu air lalu tutup dengan kain bersih. Biarkan semalaman lalu cuci kaki atau tangan hingga bersih. Lakukan setiap hari hingga kaki atau tangan bersih dari kutu air. Perlu diketahui bahwa kunyit bisa menyebabkan kulit berwarna kuning.

Sari cuka apel

Cuka apel mampu membunuh jamur penyebab kutu air dan mencegah jamur dan bakteri tumbuh di area kaki atau tangan. Campur cuka apel dan larutan ethyl alkohol dengan rasio 1:1. Celupkan kapas ke dalam larutan lalu usapkan ke area kutu air.

Jika Anda tidak memiliki cuka apel, Anda bisa menggunakan cuka biasa. Larutkan 1 cangkir cuka ke dalam 2 liter air. Lalu rendam kaki ke dalam larutan tersebut selama 15-30 menit setiap hari. Peringatan bagi Anda yang tertarik menggunakan cuka apel atau cuka biasa sebagai cara alami mengobati kutu air di kaki dan tangan karena akan terasa sedikit perih.

Untuk Hasil yang lebih cepat dan maksimal dalam mengobati kutu air, Anda bisa menggunakan salep anti jamur paling ampuh yaitu Pi Kang Wang, Baca selengkapnya disini –>> http://www.ahlinyagatal.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *